HomeTECHNOLOGY

E-Bike Solusi Ramah Lingkungan untuk Mobilitas Modern

XYZonemedia.com - Ditengah keprihatinan akan dampak negatif kendaraan mesin berbahan bakar fosil terhadap lingkungan, secercah harapan tumbuh deng

Insta360 X4 Resmi Hadir di Indonesia, Bawa Kamera 360 dengan Resolusi 8K
Indonesia Pionirkan Tata Kelola AI Berbasis Transfer Teknologi dan Ilmu
Ketimpangan Media Pers Menghambat Sebaran Informasi di Indonesia

E-Bike salah satu pilihan dari beberapa kendaraan listrik yang hadir saat ini. (Instagram @Sodiaz_Photographie)

XYZonemedia.com – Ditengah keprihatinan akan dampak negatif kendaraan mesin berbahan bakar fosil terhadap lingkungan, secercah harapan tumbuh dengan hadirnya kendaraan listrik, yang lebih ramah lingkungan.

Selain kendaraan listrik beroda empat, Electric bike (e-bike) muncul sebagai alternatif ramah lingkungan. Mengurangi emisi gas buang serta mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Sebetulnya konsep e-bike telah muncul pada abad ke-19, namun perkembangan teknologi baru benar-benar mendorong popularitasnya pada awal abad ke-21. Berkat pengembangan baterai lithium-ion dan motor listrik semakin memperkuat teknologi e-bike.

Baca juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Kenaikan Yesus Kristus dengan Harapan Persatuan dan Kasih

E-bike bekerja dengan mengkombinasikan tenaga pedal manusia dengan bantuan motor listrik. ketika manusia mengayuh pedal, sensor akan mendeteksi gerakan dan mengaktifkan motor untuk memberikan dorongan tambahan.

Jadi sepeda listrik itu bekerja bukan karena menarik kabel gas melainkan bekerja karena ada kayuhan pedal.

Kelebihan e-bike yang utama adalah kemudahan dalam berkendara terutama untuk menaklukkan medan yang sulit atau menempuh jarak jauh.

Selain itum e-bike juga membantu dalam mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermesin yang menggunakan bahan bakar fosil dan tentunya bisa menghemat pengeluaran.

Baca Juga: STY Diusir, Timnas U-23 Gagal Lolos Olimpiade

Penggunaan e-bike selain untuk menyalurkan hobi bersepeda juga bisa digunakan secara luas untuk transportasi sehari-hari, seperti ke tempat kerja, berbelanja atau hanya untuk rekreasi. E-bike sudah populer di kota-kota besar di seluruh dunia sebagai alternatif transportasi yang cepat dan ramah lingkungan.

Negara-negara Eropa, seperti Belanda, Jeman, dan Swiss menjadi pengguna e-bike tertinggi. Hal ini tentu karena selain kebiasaan orang-orang sana juga karena infrastruktur yang mendukung serta kesadaran akan berkelanjutan membuat e-bike sangat populer disana.

Indonesia sendiri meskipun belum sepopuler di negara-negara Eropa, pengguna e-bike sudah mulai meningkat. terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung, e-bike menjadi alternatif yang menarik untuk mengatasi kemacetan dan polusi. Namun sayang karena harga e-bike masih relatif mahal maka banyak orang yang belum menggunakannya.

Baca juga : Cristiano Ronaldo Berpotensi Bertanding di Indonesia Bersama Al-Nassr: Menjadi Sorotan Para Pecinta Sepak Bola

Namun dengan semakin meningkat popularitasnya serta manfaat e-bike untuk menjadi alternatif alat transportasi yang ramah lingkungan tentunya ini bukan harapan kosong bagi masa depan yang lebih baik.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0